Google

Tuesday, January 1, 2008

Tips Menggunakan Jasa Arsitek

Tips Menggunakan Jasa Arsitek

Bangun Rumah Impian Dengan Jasa Profesional

Tips Menggunakan Jasa Arsitek

Memiliki hunian asri dan nyaman adalah impian setiap orang. Mewujudkannya tidaklah mudah. Proses pembangunannya menghabiskan biaya yang tidak sedikit dan waktu yang tidak pendek -proses yang begitu melelahkan dan terkadang menimbulkan stress tersendiri.

Namun semua itu segera terbayar dengan kegembiraan yang luar biasa ketika sedikit demi sedikit rumah impian mulai berwujud nyata. Tapi apa yang terjadi ketika justru ditengah proses renovasi atau pembangunan rumah impan Anda, hasilnya sangat berbeda dengan apa yang Anda inginkan? Bayangkan berapa kerugian moril dan materiil yang harus Anda hadapi bila kejadian ini menimpa Anda?

Menggunakan jasa profesional arsitek dan kontraktor sebenarnya sangat membantu Anda menghindari hal tersebut. Sayangnya stereotipe yang beredar di masyarakat justru mengatakan yang sebaliknya. Bahwa penggunaan jasa profesional identik dengan sebuah kebutuhan mewah, ditambah lagi image arsitek yang katanya arogan dan suka memaksakan kehedak karena merasa ‘lebih tahu’ sehingga suka mengesampingkan keinginan Anda.

Untungnya stereotipe ini mulai meluntur seiring dengan semakin banyaknya arsitek dan tenaga profesional membangun yang sangat tertarik dengan proyek rumah tinggal kemudian mampu memvisualisasikan dengan baik keinginan klien serta memberikan saran-saran terbaik untuk finishing dan penggunaan material yang menambah value pada rumah impian Sang Klien.Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk menemukan arsitek yang tepat yang akan membantu Anda mewujudkan rumah impian:

1) Jangan terburu-buru, buatlah daftar beberapa kandidat arsitek dengan rekomendasi kenalan Anda, dan pastikan arsitek-arsitek tersebut berpengalaman dalam mendesain rumah tinggal. Pastikan daftar tersebut paling banyak terdiri dari 6 kandidat supaya memudahkan Anda untuk memilih. Dari ke-6 kandidat tersebut, perkecil pilihan Anda menjadi hanya 3 kandidat lewat proses seleksi Anda sendiri. Kriteria yang dapat membantu Anda untuk menseleksi para arsitek tersebut adalah kemudahan Anda berkomunikasi dengan mereka, hasil pekerjaan mereka sebelumnya (port folio) mereka yang paling mendekati keinginan Anda, dan kesesuaian budget Anda dengan tarif sang arsitek.

2) Jangan ragu untuk menghubungi klien-klien terdahulu dari arsitek pilihan Anda untuk mengecek kinerja mereka, kesesuaian jadwal membangun, serta apakah ada masalah-masalah penting lainnya yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan Anda.

3) Komunikasikan keinginan-keinginan Anda dalam mewujudkan rumah impian dengan sejelas-jelasnya, bila perlu gunakan sketsa, foto, atau gambar dari majalah-majalah.

4) Komunikasikan pula dengan sangat jelas masalah besaran budget Anda, terlebih bila Anda memiliki budget yang sangat terbatas.

5) Jangan ragu untuk bertanya masalah fee sang arsitek. Kadang ada arsitek yang sudah memiliki tarif tersendiri, ada pula arsitek yang fee-nya ditentukan dari persentase dari harga bangunan. Perjelas pula sejauh mana peran dan jasa yang diberikan oleh arsitek Anda. Akan ada tahapan-tahapan yang dapat Anda pilih sesuai budget; apakah fee sudah termasuk dengan pengawasan selama pembangunan, apakah konsultasi hanya sampai gambar desain awal saja (denah tampak potongan dan gambar 3 dimensi) atau sampai keluar gambar cetak biru dan RAB (Rencana Anggaran Bangunan),dll.

6) Tanyakan pula dengan sejelas-jelasnya apakah akan ada ekstra pengeluaran untuk pajak, pengeluaran operasional, dan akomodasi untuk pengawasan selama proses pembangunan.

7) Mencari arsitek yang tepat untuk membantu Anda seperti mencari rekan kerja. Pastikan Anda nyaman berkomunikasi dengannya sehingga Anda tidak pernah ragu untuk bertanya hal-hal yang Anda tidak mengerti. Ini sangat penting. Apabila ada hal-hal yang Anda tidak mengerti jangan pernah ragu untuk bertanya, dan arsitek Anda harus dapat menjelaskannya. Begitu juga bila Anda menemui hal yang Anda tidak sukai, segera komunikasikan hal tersebut.

8) Bila Anda memakai jasa arsitek yang merupakan kenalan Anda sendiri, dari awal buatlah persetujuan yang sangat jelas untuk menghindari hal-hal yang membuat hubungan Anda berdua menjadi rusak nantinya.Setelah Anda menemukan arsitek pilihan yang siap membantu mewujudkan rumah impian Anda, ada baiknya Anda juga mulai memilih jasa kontraktor untuk membangunnya. Sama seperti arsitek, penggunaan jasa kontraktor profesional sebenarnya dapat membuat proses membangun rumah impian Anda lebih efektif dan efisien dengan nilai yang sepadan.

Untuk memilih kontraktor yang tepat, lakukan proses seperti Anda mencari arsitek pilihan Anda. Bila perlu minta rekomendasi dari arsitek Anda beberapa pilihan kontraktor. Jangan langsung tergiur dengan kontraktor yang menawarkan harga terendah, karena bisa jadi yang termahal justru menawarkan kualitas terbaik. Mencari tahu hasil kerja mereka, dan bertanya pada klien sebelumnya juga sebaiknya Anda lakukan. Pastikan Anda bertanya tentang ketepatan jadwal pembangunan, berapa jam sehari mereka akan bekerja, pengamanan lokasi/site selama proses pembangunan, dan berapa orang yang akan berada di lokasi pembangunan, serta apakah ada biaya-biaya ekstra yang harus Anda keluarkan lagi.

Setelah mantap dengan pilihan arsitek dan kontraktor Anda, tanda tangani kontrak kerja, dan pastikan Anda mengerti tiap detail isi kontrak tersebut sebelum menandatanganinya.

Mencari arsitek dan kontraktor yang tepat adalah proses yang sangat menantang dan menyenangkan dalam mewujudkan rumah impian. Mereka tidak hanya memberikan saran-saran terbaik bagi Anda, tapi seperti jargon sebuah iklan produk, mereka akan memberi nilai lebih dari setiap rupiah yang Anda keluarkan demi terwujudnya hunian dambaan. Selamat membangun!

sumber: Working With an Architect & Builder, dari More Space oleh Fay Sweet.

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

No comments:

Add to Technorati Favorites