Google

Friday, February 8, 2008

Kehangatan Elemen Kayu dalam Hunian Country

Kehangatan Elemen Kayu dalam Hunian Country

Chaerunnisa - Okezone


Jasa Arsitek Rumah Minimalis

PENERAPAN gaya country yang menonjolkan material kayu sebagai unsur utama dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan pada sebuah hunian. Pengaplikasian hunian dengan langgam ini mampu memberi sentuhan yang pas ke seluruh ruangan.

Gaya country pada umumnya digunakan di rumah-rumah di daerah dekat hutan, yang letaknya berada di luar kota. Biasanya untuk mewujudkan gaya seperti ini, orang-orang banyak yang memanfaatkan material kayu sebagai elemen interior rumah. Mereka percaya bahwa tekstur dan guratan pada kayu dapat melengkapi kesan kesejukan dan keharmonisan rumah.

Selanjutnya, terkait dengan dampak global warming (pemanasan global) yang kian terasa di seluruh muka bumi ini, hunian bergaya country yang banyak menerapkan kayu sebagai elemen pembentuknya sering dianggap berpotensial menjadi penyebab pemanasan global. Maka untuk menguranginya, terdapat beberapa poin yang dapat dilakukan, yaitu dengan menata hunian country semaksimal mungkin.

Menurut pemerhati lingkungan yang juga arsitek lansekap, Nirwono Yoga, yang dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Rabu (6/2/2008), rumah country memang masuk kategori rumah ramah lingkungan. Namun, kategori ramah lingkungan itu bila jumlah kayu dalam negeri itu tercukupi alias tidak mengimpor dari luar negara lain.

"Rumah country termasuk kategori rumah ramah lingkungan bila pengadaan kayu didapat dari lingkungan sekitar," papar pria yang baru mengeluarkan buku berjudul "Komedi Lenong Satire Ruang Terbuka Hijau".

Selain itu, Nirwono juga menyebutkan jika pemakaian kayu yang berkaitan dengan produksi dan siklusnya tetap berjalan dan berkesinambungan sah-sah saja digunakan. Karena kayu yang ditanam itu pasti akan digunakan lagi.

Menurut arsitek lansekap yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI), sejelek-jeleknya material dari kayu pasti tetap akan lapuk dan kembali ke tanah.

"Desain rumah yang menggunakan material kayu pasti akan lebih hangat dan lentur karena memiliki intensitas yang tinggi," ucap pria low profile ini.

Menurutnya lagi, material kayu memiliki tekstur yang mudah dipecahkan oleh tukang sehingga lebih murah dalam pengerjaannya. Sisi menarik lainnya adalah kayu dapat diproses dengan diukir menjadi seni dekoratif yang mempercantik tampilan hunian country Anda.

Sementara itu, bila dikaitkan dengan iklim tropis di Indonesia, hunian country yang menggunakan banyak elemen kayu cocok diterapkan bila memakai model panggung.

"Rumah kayu untuk iklim tropis cocok dengan rumah panggung tradisional, seperti yang diterapkan di Sumatera, Kalimantan, dan daerah lain. Jadi atmosfer lokal lebih terasa di sini," pungkas pria ramah ini.
(tty)

Jasa Arsitek Rumah Minimalis

No comments: