Google

Friday, January 11, 2008

Ingin Membangun Rumah Minimalis

Ingin Membangun Rumah Minimalis

Membangun Rumah Minimalis

Saya berencana membangun rumah di atas tanah dengan luas 200 m2, dan saya ingin membangun rumah dengan 2 lantai, lantai pertama memiliki ruangan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, ruang tamu dan ruang makan, garasi sedangkan lantai 2 dibangun dengan 1 kamar utama, musholla, ruang baca atau ruang kerja, kamar mandi dan balkon.

Saya ingin rumahnya bergaya minimalis dan kira-kira berapa budget yang saya butuhkan untuk membangun rumah impian saya tersebut. Dan bisa kah saya meminta design interior dan exteriornya?

Oh ya saya sangat menyukai warna ungu, orange, dan putih bisakah semuanya dikombinasikan dengan furniture dari kayu jati?


Violet

Jawaban

Ibu Violet yang saya hormati,

Rumah Minimalis memang sedang trend. Wabahnya ada di mana-mana. Hingga di kampung-kampung kecil dan gang senggol tempat saya mengambil jalan pintas untuk mengantar anak saya sekolah. Namanya juga trend masa kini. Tak bisa ditahan lajunya.

Sebenarnya agak sulit memadukan warna ungu dan orange. Apalagi jika harus dikombinaksikan dengan kayu jati. Ungu dan orage identik dengan warna publik yang biasa digunakan di bangunan-bangunan yang bersifat bisnis. a juga identik dengan warna 'ngejreng' yang silau dan menyolok di mata. Sifat warna inilah yang agak bertentangan dengan sifat rumah yang merupakan bangunan hunian.

Hingga agak bertabrakan dengan kayu jati yang bersifat adem dan teduh. Maka jika ingin tetap digunakan harus hati-hati dalam bereksperimen. Teori yang paling sederhana adalah melaburkan warna-warna tersebut secara tidak dominan. Membuatnya hanya ada pada spot ruang tertentu saja. Atau hanya berupa garis aksentuasi yang ringan dan tidak menyolok.

Untuk membangun rumah paling tidak harga paling murah adalah 1, 5 juta per meter perseginya. Itu juga dengan spesifikasi bahan yang sangat sederhana. Jadi jika dikalikan 200 m2 luas bangunan maka dana yang ibu persiapkan adalah 300 juta. Belum ditambah dengan fee arsitektur, fee pelaksanaan dan izin-izin dalam pembangunan seperti IMB.

Untuk disain, saya agak sulit menayangkannya di sini. Karena data yang ibu berikan belum jelas. Tidak ada ukuran dimensi tanah, yang justru merupakan data yang paling penting bagi saya untuk mengolah disain.

Jika ibu ingin langsung berkonsultasi dengan saya dan tim design and build, kami ada arsitek@eramuslim.com atau di 0818 06 22 0506. Alamat kantor di Jati Agung 1 B4/ 12 Pondok Gede- Bekasi.

Demikian Ibu Violet, semoga bermanfaat keterangan saya,


Ir. Andan Nadriasta

Jasa Bangun Rumah Minimalis


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

No comments: