Google

Friday, January 11, 2008

Rumah Idaman; Fungsional dan Aman

Rumah Idaman; Fungsional dan Aman

Jasa Bangun Rumah Online

Punya keinginan membangun rumah idaman? Jangan terburu nafsu, karena bujukan teman atau saudara yang sudah lebih dulu punya rumah. Atau ’nafsu’ mengikuti model rumah yang sedang tren. Jangan nanti anda sudah membangun rumah dengan susah payah, malah tidak sesuai dengan jiwa anda bahkan membuat anda sendiri tidak betah.

Pertama yang harus anda perhatikan adalah aktifitas anda. Jika anda termasuk kategori sibuk, seperti pulang kerja sudah malam dan berangkat kerja harus pagi, maka otomatis kegiatan anda lebih banyak di kamar. Karenanya buatlah kamar anda senyaman mungkin atau fokuskan pembangunan rumah di kamar anda. Demikian juga bila anda amat suka berlama-lama di kamar mandi, maka kamar mandi bisa menjadi titik fokus rumah anda.

Keberadaan ruang tamu bisa diabaikan, dengan alasan orang yang bertandang ke rumah anda pastinya adalah orang yang sudah dekat dengan keluarga anda. Maka di ruang keluarga anda bisa menjamu ’tamu’ anda. Jadi areal untuk membuat ruang keluarga menjadi lebih luas kan? Kalau sekedar tamu yang temporary, anda bisa menerimanya di teras atau gazebo anda.

Ruang tidur tamu juga tidak perlu anda pikirkan. Jika dalam sebulan anda belum tentu menerima tamu yang menginap di rumah anda, sebaiknya tidak perlu membuat ruang tidur tamu. Anda bisa manfaat ruang tersebut untuk ruang lainnya. Jika ingin membuat rumah bertingkat, pertimbangkan anggota keluarga yang sudah sepuh (tua) serta balita. Buatlah tangga yang aman, untuk meminimalisir kecelakaan dalam rumah. Jika ada balita di rumah anda, buatlah pintu pengaman di bawah anak tangga, agar balita anda tidak bermain di sepanjang anak tangga, ini sangat membahayakan.

Sementara untuk dapur, anda harus punya perhitungan yang matang, karena dapur memerlukan banyak komponen, seperti kompor gas, lemari pendingin, microwave dan sebagainya. Bila dikalkulasikan, dana untuk pembangunan dapur beserta isinya lebih besar ketimbang ruangan lainnya. Penataannya juga harus sedemikian rupa, agar dapur anda tampil cantik. Karena banyaknya perangkat listrik di dapur, usahakan agar kabelnya dapat tertata denga baik agar aman dan tidak terjangkau balita anda.

Jangan pula membuat rumah hanya terpatok pada besarnya saja, lebih baik bangun rumah secara fungsional. Misalnya, anda punya keluarga terdiri dari empat orang anggota keluarga, dua putra yang sedang beranjak dewasa serta anda dan pasangan. Hanya karena anda merasa aktifitas putra-putra anda yang bejibun, maka anda membangun rumah yang super besar agar bisa menampung seluruh aktfitas mereka. Bisa jadi saat rumah anda rampung, putra sulung anda menikah, memutuskan hengkang dari rumah dan membangun keluarga sendiri. Beberapa tahun kemudian putra bugsu anda menyusul kakaknya. Alhasil di rumah besar tersebut anda hanya tinggal berdua.

Agar rumah yang anda bangun bisa menjadi rumah idaman, sebaiknya perhitungkan dengan baik nilai fungsional tiap ruangannya. Karena rumah tersebut akan menjadi jiwa dan roh anda, maka harus anda pertimbangkan dengan baik, agar upaya anda ini tidak menjadi mubazir. So, built your sweet home...


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

No comments: