Google

Friday, January 11, 2008

Mengatur Keseimbangan Energi dalam Interior Rumah

Mengatur Keseimbangan Energi dalam Interior Rumah


Biro Arsitek Rumah Jakarta

Rumah adalah sarana penting bagi manusia untuk menciptakan kehidupan yang sempurna. Karena itu, rumah perlu didesain dan diatur sedemikian rupa. Masyarakat Cina biasanya mengatur desain dalam rumah dengan konsep fengshui. Seni yang sudah berkembang ribuan tahun lalu ini menekankan pentingnya keseimbangan energi di dalam rumah.

Bagi yang menyakini fengshui, keseimbangan energi dalam rumah akan membuat penghuninya menjadi sehat dan berpengaruh pada kehidupan penghuninya secara keseluruhan.

Sementara itu, jika sirkulasi energi dalam rumah tidak seimbang, dampaknya akan kurang baik bagi kesehatan penghuni.

Ada banyak cara yang dilakukan para penganut fengshui untuk menciptakan keseimbangan energi di dalam rumah. Di antaranya memberikan sentuhan warna, penempatan aksesori tertentu, memelihara tanaman, dan mengatur pencahayaan ruang.

Dengan demikian, fengshui yang kini banyak berkembang di berbagai negara, termasuk Indonesia, bukan sekadar prinsip atau seni menghias rumah. Atmosfer yang tercipta di dalam rumah akan sangat mempengaruhi kondisi fisik para penghuninya. Misalnya penghuni rumah yang sering terkena insomnia (sulit tidur), kalau ditilik dari sisi keseimbangan cahaya, bisa jadi hal itu disebabkan lampu di kamar tidur terlalu terang.

Dalam prinsip fengshui, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam penataan interior rumah untuk menciptakan keseimbangan energi:

1. Pilihlah warna yang sesuai. Setiap warna memiliki semangat berbeda sehingga setiap warna bisa digunakan untuk tujuan tertentu. Misalnya warna merah bisa digunakan untuk ruang makan karena warna keras ini bisa membuat penghuninya bersemangat. Pemakaian warna merah di ruang makan bertujuan agar penghuni tetap gembira dan bersemangat.

Warna biru mengandung makna penyembuhan dan suasana santai. Karena itu, warna ini cocok digunakan untuk ruang istirahat bagi yang menderita sakit. Sedangkan kuning adalah warna yang menyiratkan makna kebahagiaan, kreatif, dan semangat. Sehingga warna ini pas digunakan pada ruang dapur dan ruang kerja.

2. Benda-benda seni, seperti lukisan, atau foto yang dipasang dalam ruangan, diyakini bisa memberikan energi yang positif.

3. Pencahayaan secara alami dan lancarnya sirkulasi udara diyakini berdampak baik pada kesehatan penghuni rumah.

4. Unsur tanaman juga diyakini bisa memberikan energi positif. Karena itu, ada baiknya menghias taman rumah dengan berbagai jenis tanaman hias.

Biro Arsitek Rumah Jakarta



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

No comments: