Google

Friday, January 11, 2008

Merenovasi Rumah Sederhana

Merenovasi Rumah Sederhana

Jasa Arsitektur Rumah

Memiliki rumah sendiri tentu sangat didambakan setiap orang. Walaupun kecil dan sederhana, kita memiliki tempat berteduh dan berkumpul dengan keluarga.

Bangunan rumah sederhana biasanya berukuran 21, 36, dan 45. Luas tanahnya tergantung pada kemampuan masing-masing individu, dan pada berapa meter persegi yang disediakan developer.

Rumah mungil tersebut bisa didesain sedemikian rupa sehingga menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Biasanya setelah serah terima dari pengembang pemiliknya akan melakukan renovasi.

Renovasi diperlukan karena pengembang biasanya membangun rumah secara standar dengan fasilitas ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Ada developer yang melengkapinya dengan dapur, namun ada juga yang tidak. Tentu saja pemiliknya akan membangun sarana ini dengan menambah bangunan di depan, samping, atau merombak sedikit dan membuat salah satu bagian ruangan jadi dapur.

Agar renovasi rumah Anda berjalan dengan baik, sehingga mendapatkan rumah yang diidamkan, pengerjaannya perlu dipersiapkan dan direncanakan secara matang. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum merenovasi rumah adalah sebagai berikut:

1. Buat rancangan ruangan-ruangan yang mendatangkan suasana lapang. Kalau salah merancang, bisa jadi malah kesan sempit makin mendominasi. Yang perlu ditambahkan biasanya dapur dan tempat cuci. Juga pagar dan teralis. Karena lahan yang tersedia sempit, pengaturan dan pembagian ruangan perlu dilakukan seefisien mungkin.

2. Perencanaan keuangan adalah bagian terpenting dalam proses renovasi rumah. Sesuaikan kemampuan keuangan yang ada dengan keinginan untuk merenovasi. Jangan sampai Anda mengalami 'besar pasak daripada tiang.' Lakukan kalkulasi biaya secara cermat agar Anda tidak meninggalkan hutang yang cukup banyak pascarenovasi.

Jika keuangan terbatas, pilihlah bahan-bahan bangunan yang kualitasnya sebanding. Jangan pilih material yang kualitasnya paling bagus karena harganya pasti akan mahal. Sebagai jalan tengah, Anda bisa memilih material bangunan yang kualitasnya sedang.

3. Perawatan pascarenovasi juga penting. Misalnya, saluran pembuangan air kotor, kabel listrik di atas plafon, septic tank, dan sebagainya. Sebisa mungkin berilah akses untuk kemungkinan perbaikan hal- hal penting tersebut pascarenovasi. Sehingga jika suatu saat ada kerusakan Anda tidak perlu melakukan pembongkaran bagian rumah yang sudah direnovasi.

4. Meskipun rumah sederhana, Anda bisa mempercantik penampilan rumah dengan permainan warna pada dinding. Pilihlan warna yang sesuai dengan suasana yang Anda kehendaki. Misalnya, warna putih akan memberikan kesan simpel dan sederhana. Warna hijau atau biru akan memberikan nuansa keteduhan. Krem atau pink akan menampilkan kehangatan, dan sebagainya.

Suasana nyaman dan menyenangkan sebuah rumah tentu diinginkan banyak orang. Perencanaan yang matang terhadap berbagai hal akan memungkinkan tujuan tersebut tercapai.

( jar/dari berbagai sumber )

Jasa Arsitektur Rumah



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

No comments: